Setup Menus in Admin Panel

Bina Bangsa 99

Ini Rahasia Tim Robotik Unissula Semarang Menang Kontes di Amerika

detikNews-Jakarta – Tim Robotik Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menyabet gelar juara umum pada kontes robot internasional di ajang Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center, Hartford, Amerika Serikat. Mereka berhasil menggeser 80 tim dari berbagai negara, apa yang membuat mereka menang?

Anggota tim robotik Unissula yang mengebarkan Merah Putih di Amerika  itu adalah Faisal Aminuddin, La Ode Muhammad Idris, dan Ahmad Zuhri. Mereka semua adalah mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Unissula. Tidak mudah bagi mereka bersaing dengan peserta dari negara-negara lain termasuk negara maju Amerika Serikat selaku tuan rumah.

Idris mengatakan justru bukan Amerika penantang terberat dalam kontes itu, namun tim dari Tiongkok. Robot pemadam api yang dibawa oleh tim dari Tiongkok menurut Idris kemampuannya di atas rata-rata yang ada. Namun tim robotik Unissula mengalahkan rasa minder mereka dan terus berusaha.

“Pesaing terberat itu justru dari China. Mereka memiliki kemampuan dan strategi di atas rata-rata,” ujar Idris saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (9/4/2016).

“Sempat minder juga sih pas lihat tim dari China,” timpal Zuhri.

Tim dari Unissula ini mengikuti kontes dengan percaya diri karena sudah mempersiapkan empat robot sejak bulan Oktober 2015 lalu yaitu robot pemadam api beroda Khaum 1 dan Khaum 2 serta dua robot berkaki yaitu Sultan Agung 1 dan Sultan Agung 2.

Idris menjelaskan, saat penjurian, ternyata robot-robot asal Indonesia mampu bekerja lebih cepat dan akurat. Selain itu ternyata desain robot mereka juga menentukan kemenangan karena sejak awal mereka merakit dengan desain sendiiri, tidak pabrikan.

“Robot kami dianggap unik oleh Juri. Uniknya itu karena kami merancang sendiri. Kami juga jadi yang tercepat dan masuk best score,” pungkas Idris.

Kemenangan yang membuat mereka juara umum yaitu Robot Khaum 1 mendapat  juara 1 Fire Fighting Unique, best score level 2 dan 3. Kemudian robot Khaum 2 merih juara 2 senior Fire Fighting. Sementara itu robot Sultan Agung 1 dan Sultan Agung 2 mendapat juara pertama dan kedua ketegori Walking Fire Fighting.

Berkat kemenangan pada kontes yang berlangsung 2-3 April 2016 lalu itu, mereka berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional. Pihak universitas juga memberikan reward berupa beasiswa ke jenjang lebih tinggi dan ibadah Umrah.

“Saking bahagianya, kami hadiahkan beasiswa S2 di fakultas Teknologi Industri Unissula  sampai selesai. Kami juga akan ajak mereka ibadah Umroh. Kami dari rektorat dan pimpinan juga sediakan dana Rp 40 juta untuk persiapan kontes regional maupun nasional berikutnya di tahun ini,” kata Rektor Unissula, Anis Malik Toha saat menyambut kedatangan Idris dan kawan-kawan di Bandara Ahmad Yani Semarang, Jumat (8/4) kemarin.

(alg/dnu)

Sumber: http://news.detik.com/berita/3183687/ini-rahasia-tim-robotik-unissula-semarang-menang-kontes-di-amerika

April 9, 2016

0 Responses on Ini Rahasia Tim Robotik Unissula Semarang Menang Kontes di Amerika"

Leave a Message

© 2014 Yayasan Bina Bangsa 99. Rights Reserved