Yayasan Bina Bangsa

Maju Bersama Membangun Bangsa Indonesia

Sekilas Tentang Yayasan Bina Bangsa

Yayasan Bina Bangsa (YBB) didirikan pada tahun 1999 oleh Dr. Alwi Shihab. Pendirian yayasan tersebut merupakan renungan panjang pendiri untuk memberikan sumbangan yang nyata dalam layanan pendidikan, kerukunan umat beragama, dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia. Pada tahun 2000, dengan persiapan yang matang dan keyakinan akan kemampuan memberikan layanan tersebut, Yayasan Bina Bangsa diresmikan melalui akte notaris Suparman Hasyim, S.H. Berlokasi di jalan Asia Afrika no. 2 Senayan, Jakarta Pusat Yayasan Bina Bangsa, mengawali program-programnya dengan melibatkan peran serta masyarakat, pemerintah, dan institusi internasional untuk bersama-sama mewujudkan tercapainya tujuan yayasan bagi peningkatan pendidikan, kerukunan antar umat, dan kemandirian masyarakat. Seiring dengan kepercayaan stakeholder yang semakin meningkat, amanat yang diemban yayasan tentu saja semakin besar dan memerlukan tanggungjawab yang besar pula. Tugas yayasan menjadi semakin kompleks. Yayasan memerlukan peningkatan ketrampilan pengelolaan yang lebih tinggi. Akhirnya pada tahun 2011, yayasan melakukan penambahan tenaga-tenaga yang lebih muda dan terampil, dengan harapan yayasan akan semakin mampu menghadapi tantangan jaman.      

 

Rekaman Kegiatan Kependidikan

Pendidikan merupakan pilar kunci kemajuan suatu bangsa. Tidaklah berlebihan untuk menyatakan bahwa salah satu tolok ukur kemajuan suatu bangsa tidak lain diukur dari kemajuan kependidikan negara yang bersangkutan. Pemerintah Indonesia meyadari kompleksitas permalasahan pendidikan tidak dapat ditanggung sendiri oleh pemerintah. Peran serta masyarakat merupakan salah satu cara untuk mewujudkan tercapainya peningkatan pendidikan di Indonesia. Yayasan Bina Bangsa merupakan salah satu mitra pemerintah dalam upaya peningkatan baik mutu maupun akses pendidikan bagi bangsa Indonesia.

Jejak yayasan dalam bidang pendidikan antara lain pemberian beasiswa program Strata 1, Strata 2, dan Strata 3. Untuk menyebut beberapa diantaranya, sebanyak 16 mahassiwa telah dikirimkan ke Australia, Amerika, dan Italia untuk mengikuti program-progarm baik degree maupun non-degree. Hampir semua mahasiswa yang diproses melalui Yayasan Bina Bangsa kembali ke tanah air setelah menyelesaikan studi mereka untuk menyumbangkan ilmu yang diperolehnya demi kemajuan bangsa Indonesia. Masih dalam bidang pendidikan yayasan juga pernah memfasilitasi penyaluran bantuan internasional yang mencapai dua kontainer peralatan sekolah untuk disalurkan pada siswa yang kurang mampu secara ekonomi.   

 

Rekaman Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Dalam bidang layanan masyarakat, yayasan berpartisipasi terutama dalam penanganan bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu. Beberapa diantaranya, yayasan menyalurkan bantuan berupa peralatan kesehatan untuk unit-unit pelayanan kesehatan baik pemerintah maupun swasta yang memerlukan. Dalam penanganan bencana alam banjir, yayasan memfasilitasi penyaluran sebanyak sembilan kontainer paket  makanan, pakaian dan obat-obatan Sejumlah peralatan bantuan kemanusiaan, pendidikan dan kesehatan yang berasal dari bantuan internasional. Pada peristiwa …… tahun yang melibatkan pengungsian di Nusa Tenggara dan Sambas, yayasan menyalurkan bantuan dari the Wheelchair for the Wolrd Foundation sebanyak 240 kursi roda. Dari pemerintah Qatar, yayasan memfasilitasi penyaluran bantuan sebanyak 15.000 kardus berisi beras, mie instan, minyak goreng, kain sarung dan handuk untuk bencana Aceh. Program lainnya antara lain 

 

Rekaman Kegiatan Kerukunan Umat Beragama

Interaksi umat beragama terutama Islam dan Kristen mengalami fluktuasi yang lebih didominasi oleh kerenggangan di masa lalu. Kedepan, hubungan tersebut harus ditransformasi menjadi hubungan yang dialogis yang lebih menekankan pada hubungan timbal balik saling menghargai dan saling menghormati. Yayasan merasa terpanggil untuk merintis model-model interkasi baru tersebut. Untuk menyebutkan beberapa rintisan antara lain penerbitan buku-buku melalui penerbitan Gramedia. Selain itu yayasan juga memfasilitasi penerjemahan salah satu buku dari versi bahasa Indonesia ke versi bahasa Inggris. Demikian pula dalam bidang kajian dan  workshop, yayasan pernah menyelenggarakan dua event berskala internasional bertema “Dialog lintas agama Islam, Kristen, dan Yahudi.”

 

VISI

Terwujudnya   komunikasi sosial  multi kultur (BHINEKA TUNGGAL IKA)  dan integrasi nasional dalam pembangunan bangsa dalam masyarakat  Indonesia.

  • Bebas dari ancaman kelaparan dan kemiskinan,
  • Hidup dalam suasana keadilan dan kemakmuran,
  • Mengembangkan budaya lokal dan pengembangan pendidikan.
  • Mengembangkan peran masyarakat dalam mendapatkan akses informasi. 

 

MISI

  • Melakukan pemberdayaan melalui pendidikan dan penguatan ekonomi, politik, sosial dan budaya  bagi masyarakat.
  • Untuk menunjang program Pemerintah dalam rangka meningkatkan taraf Pendidikan/ Sumber  Daya Manusia (SDM) dan kehidupan sosial masyarakat.
  • Memperkuat solidaritas antar organisasi kemasyarakatan dan membangun kekuatan bersama antar sektor untuk terwujudnya pembaharuan pendidikan dan pembangunan kualitas  Sumber  Daya Manusia yang berkeadilan.

 

Program

  • Pelatihan
  • Pengembangan Kelembagaan Pendidikan
  • Membangun Kerjasama dengan lembaga-lembaga profit maupun non profit dan pemerintah.
  • Penelitian dan pengembangan
  • Bantuan kemanusiaan

 

Agenda Utama Periode 2011/2012

  • Meningkatkan dan Meperkuat Kapasitas di lingkungan Yayasan Bina Bangsa.
  • Aktif Melakukan Pemberdayaan Masyarakat
  • Mengembangkan Teknologi yang berbasis kerakyatan.

 

Tujuan Umum

Menjadikan Yayasan Bina Bangsa :

  • Merupakan organisasi efektif, transparan, dan demokratis
  • Memperkuat dan meningkatkan Kapasitas kelembagaan di ligkungan Yayasan Bina Bangsa.
  • Mampu aktif melakukanpemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan.
  • Berpengaruh terhadap kebijakan di tingkat lokal dan nasional.
  • Memainkan peran aktif dalam membentuk platform multi pihak di tingkat nasional.